1.18.2012

APA SIH SUKSES ITU

Siapa sih orang di dunia ini yang tak ingin sukses. Apa sih sukses itu ???
Apakah mereka yang bisa mencapai tingkatan kaya finansial, punya titel, tinggi dalam jabatan, populer dan banyak penghargaan, atau mereka yang dapat masuk bekerja di perusahaan bonafit.

Beragam kesimpulan dan opini telah meluber tentang definisi sukses. Ada yang benar, namun kadang banyak yang tak sesuai dengan logika dan terlalu banyak tuntutan akan arti kesuksesan itu sendiri.

Lalu apa sebenarnya makna sukses itu sendiri... ada tafsir tersendiri dalam memaknai kesuksesan. Sukses merupakan sebuah hasil akhir dari proses pencapaian tujuan tertentu dalam melakoni hidup yang telah ditetapkan oleh diri sendiri tanpa ada standar pasti, hanya kita sendiri yang dapat menilainya. Entah tujuan jangka panjang maupun jengka pendek, bahkan sangat pendek. 
Orang lain boleh mengatakan kita tak sukses tapi kita sendiri berkesimpulan sukses. Dan sebaliknya orang lain bisa berkata kita sukses tapi kita bisa merasa belum sukses.
Contoh simpel, ketika kita punya keinginan sederhana. Misal akan bersih-bersih rumah atau kamar, secara tidak langsung telah ada patokan atau tujuan meski dalam benak sekalipun. Nah apabila hasil kerja kita dalam bersih-bersih sesuai patokan, entah soal waktu, kebersihannya, ataupun area garapannya. Maka kita bisa dikatakan mencapai titik SUKSES sesuai target tujuan.

Demikian halnya dengan area lain dalam kehidupan kita. Baik di dalam pendidikan, pekerjaan, rumah tangga, lingkungan, segi ibadah, atau apapun itu namanya.

Kesimpulannya sukses tidak datang secara ujug-ujug, tapi butuh proses dan kerja maksimal. Kalo kita punya jabatan TOP tapi tanpa proses, itu namanya hadiah. Kalo kita lulus sekolah dengan nilai hebat, tapi tanpa belajar temenanan /giat, itu namanya menang lotre.  
Kesuksesan tanpa didasari proses pencapaian, bagai naik ke puncak gunung dengan helikopter. Tak ada perjuangan tak ada kesan, hanya mampu melihat pemandangan indah tanpa bisa menikmati serunya perjalanan pendakian.

No comments: