3.31.2012

pergeseran jaman dan perubahan usaha



Wejangan dari om Tanadi Santoso ini aku dapatkan dari radio yang biasa aku kupingin semalam, cekidot:
otot-otak
Jaman dulu manusia cenderung banyak membutuhkan otot untuk setiap pekerjaannya.
Sebagai contoh pekerjaan mencari kayu, membangun rumah, bercocok tanam. Semuanya masih dikerjakan secara manual, sehingga hampir keseluruhan pekerjaan mengabiskan tenaga dan kekuatan ototlah yang utama. Namun untuk jaman sekarang ini setelah segalanya serba modern, serba mesin, serba robot. Semua dikerjakan oleh hasil karya teknologi, sehingga otot tak lagi diutamakan tapi otaklah yang di butuhkan. Siapa yang pintar, cerdas dialah yang bisa meraih kerja dengan baik.

fisik-nilai value
Peradaban jaman dulu manusia membuat sesuatu dengan simbol bangunan berupa fisik, yang terbesar itulah yang terhebat. Tengok saja bangunan peninggalan tempo dulu seperti candi, piramid, dlsb. Akan tetapi masa kini, value/nilai itulah yang diutamakan. Seperti facebook, google, youtube. Semuanya tak kelihatan secara fisik, tapi efek nilainya mewabah mendunia.

Simpel-kompleks
Pekerjaan dan permasalahannya untuk ukuran jaman dahulu sangat sederhana sekali. Untuk urusan masak misalnya, cukup sepasang suami istri mereka menyiapkan bahan dari hasil kebun/ladang/sungai, mencari bahan bakar terus dimasak. Selesai sudah pekerjaan tersebut tanpa melibatkan banyak orang/variabel lain. Lah... untuk sekarang, ambil contoh rumah makan. Butuh suplier bahan baku, perabotan, promosi, peralatan kebersihan, koki untuk dapur, pelayan, belum lagi tenaga untuk manajer, supir, kebersihan. Begitu banyak yang yang terlibat didalamnya. Sangat kompleks...

3.30.2012

Ketika tiket bioskop lebih berharga ketimbang Ijazah


SARJANA MUDA
by: Iwan Fals
Berjalan seorang pria muda
Dengan jaket lusuh dipundaknya
Disela bibir tampak mengering
Terselip sebatang rumput liar
Jelas menatap awan berarak
Wajah murung semakin terlihat
Dengan langkah gontai tak terarah
Keringat bercampur debu jalanan
Engkau sarjana muda
Resah mencari kerja
Mengandalkan ijazahmu
Empat tahun lamanya
Bergelut dengan buku
Tuk jaminan masa depan
Langkah kakimu terhenti
Didepan halaman sebuah jawatan
Terjenuh lesu engkau melangkah
Dari pintu kantor yang diharapkan
Terngiang kata tiada lowongan
Untuk kerja yang didambakan
Tak perduli berusaha lagi
Namun kata sama kau dapatkan
Jelas menatap awan berarak
Wajah murung semakin terlihat
Engkau sarjana muda
Resah tak dapat kerja
Tak berguna ijazahmu
Empat tahun lamanya
Bergelut dengan buku
Sia sia semuanya
Setengah putus asa dia berucap… maaf ibu…



Inikah potret pendidikan dan pekerjaan di negara kita tercinta.
Ketika ijazah yang diandalkan dan dikedepankan, ketika status lebih dikuatirkan.
Meskinya ilmulah yang menjadi andalan kita... bukankah kita sekolah untuk mencari ilmu, bukan untuk sekedar ijazah. Mari jadilah manusia kreatif, mampu menggali potensi yang ada pada diri kita sendiri.

Soichiro Honda sang pelopor mesin HONDA berujar,
aku lebih percaya pada tiket bioskop, daripada ijazah”
karena tiket bioskop sudah pasti menjamin kita untuk masuk.
Namun ijazah... may be YES may be NO.

Mari kita sikapi dengan bijak.

gesper pak menteri DAHLAN ISKAN terlepas di Bukan EMPAT MATA trans7

-->
Siapa sih yang gak tau talk show EMPAT MATA, ehh bukan EMPAT MATA ding. Acara yang digawangi oleh tukul arwana beserta selir-selirnya ini, kemarin ngedatengin menteri BUMN bapak Dahlan Iskan. Jadi menarik untuk ditonton deh...karena emang tokoh satu ini sangat fenomenal banget...

Seperti biasa dengan penampilan sederhana dan apa adanya beliau pun masuk ketika Mr Tukul memanggilnya, dengan busana kemeja putih dan celana hitam dipadu sepatu kets biasa yang jadi ciri khasnya. Lucunya saat pertama masuk beliau langsung duduk lewat bangku belakang, tanpa kedepan terlebih dahulu untuk salam-salaman atau cipika-cipiki seperti bintang tamu biasanya.
Dan entah kenapa gesper/sabuk/ikat pinggang pak “Is” terlepas, yang kemudian dijadikan bahan guyonan Tukul. Namun beliau santai saja bahkan menepuk chyntia pake sabuk tersebut, yang kemudian dilempar juga ke vega...hihihi.
#Huh,,,baru kali ini seorang menteri jadi tertawaan.

Pertanyaan pertama dari laptop pun menyapa, apalagi kalau tidak tentang jalan tol yang lagi hangat dibicarakan, tak lupa Tukul juga mengartikan nama pak Dahlan dengan “memudahkan jalan”. Beliau bercerita bahwa untuk layanan tol, yang notabene membayar itu saja susah dan menyusahkan apalagi untuk layanan yang gratis???
# bener banget emang pak,,,layanan kesehatan untuk orang miskin misalnya dah pasti syusyahnya minta ampun dah,

Kemudian beliau berpromosi soal kartu tol otomatis yang sedang digalakkan, dengan model sensor yang bisa langsung membaca kartudi mobil, tanpa perlu gesek atau antri untuk beli tiket. Canggih kan...
Haha... tukul pun bersombing ria mengeluarkan dompet untuk menunjukkan kartu tol yang dimilkinya. Namun dengan penuh canda pak Is berujar bahwa itu sudah kuno, jadul, ketinggalan jaman karena yang model sekarang harusnya kartu itu terpampang di mobil dan tidak dibawa kemana-mana...
# 1-0 untuk pak Is’...

Sesi berikutnya cerita tantang kunjungannya ke rumah petani, menginap beralaskan tikar dan berlantaikan tanah. Hanya untuk melihat panen padi esok pagi-pagi pukul 6.
# (ada foto dokumentasinya juga sih...)salut deh,,,emang gak takut masuk angin tuh pak???
Tukul pun nyeletuk, “kok gak ajak-ajak sih pak kalu jalan-jalan”.
Pak Is pun berujar, “bener banget mas orang dikampung sana banyak yang sedang bingung mancari kerbau untuk membajak sawahnya!”
# ting_tung, lagi-lagi skakmat, dan skor 2-0 untuk Pak Is,,,bisa aja nih pak menteri ngebanyolnya.

Pembahasan pun berlanjut hingga kemudian hadir bintang tamu selanjutnya seperti teh Desy Ratnasari, dan Ratu Felisa.
Ada pemaparan unik lagi dari beliau. Tentang program pelangsingan rapat di BUMN yang akan dikurangi hingga 50 persen. Nah salah satu solusinya adalah rapat melalui BlackBerry Messenger, jadi ada grub-grub tersendiri untuk melakukan rapat. Tak terbatas oleh jarak, waktu, maupun biaya operasional. Jadi bisa rapat sekalian kerja nyata.
# bener banget kan daripada rapat di gedung ehhh malah sambil tiduran...

mau tahu lebih tentang hebatnya pak Dahlan Iskan, nih dia blognya http://dahlaniskan.wordpress.com/


3.28.2012

Soetrisno Bachir, meski kuliah terlunta-lunta lulus juga.


Hidup di kota batik Pekalongan membuat dirinya sejak kecil terbiasa membantu usaha orang tuanya yang seorang saudagar batik. Dari proses pembuatan hingga pelayanan penjualan. Itulah yang dilakukan sepulang sekolah. Dan setamat SMA beliau pun hijrah ke jakarta untuk masuk kuliah di Univ Trisakti.

Untuk membantu biaya kuliah, berjualan batikpun dilakoni dengan berkeliling di Jakarta. Sekian tahun berjalan, kakaknya meminta bantuan untuk menjalankan bisnis real estate di kampung halamannya Pekalongan. Pilihan pun jatuh pada keputusan untuk pulang dan membantu kakaknya. Padahal saat itu sudah sampai semester tujuh dan hampir selesai.
Namun pilihannya tepat, meskipun harus melalui 12tahun demi gelar sarjana.
Karena memang 2 tahun kemudian beliau akhirnya masuk kuliah di Univ Pekalongan. Tapi banyak ilmu dan pengalaman bisnisnya dari usahanya yang justru mengantarkannya seperti sekarang ini, dengan memiliki dan mendirikan puluhan perusahaan besar. Bahkan beliau pernah berkali-kali mengalami kebangkrutan, yang menurutnya justru menambah mental bisnisnya.

~: lagi-lagi kisah kisah sukses dari kuliah yang terkatung-katung!
Sumber : majalah elshinta

3.27.2012

Cabut dari PNS demi ayam bakar “Wong Solo”


Inilah sekelumit cerita perjuangan usaha dari ayam bakar “Wong Solo”. Puspo Wardoyo, sejak masih bocah sudah terbiasa membantu orang tuanya berdagang ayam dan warung makan milik keluarganya. Hingga sampai dewasa dan berhasil menjadi sarjana, dan akhirnya mengantarkanya menjadi seorang guru PNS yang menjadi kebanggaan orang tuanya di sebuah SMU kota Muntilan.
Namun kata hati tak seirama dengan keinginan orang tuanya, ia merasa tak betah menjadi guru. Tidak serasa menjadi manusia “merdeka”.
Keputusan pun diambil dan kemudian cabut kembali ke Solo kota tercinta, untuk melakoni jualan ayam goreng kaki lima.
# ajib....salut banget deh.

Episode berikutnya di mulai ketika memutuskan untuk merantau ke Medan, karena saran seorang teman yang mengungkapkan bahwa bisnis rumah makan disana jauh lebih menjanjikan.
# halah, jauh menjanjikan apa jauh menyeberang...hihihi.
Nasib apes pun menghampiri perjalananya ke tanah rantau Medan. Belum sampai ke tujuan ongkos udah habis duluan, yang berakibat terkatung-katung di Riau.
# kasihan banget ya...

Demi meneruskan cerita hidup, dia pun akhirnya mencari kerja dengan melamar ke sebuah perguruan. Gayung pun bersambut, pekerjaan sebagai guru kembali dilakoni.
# apes tapi beruntung ya...

Namun hanya 2 tahun mengukir kisah sebagai pendidik, dan bertemu telah mempertemukan pendamping hidupnya. Lagi-lagi ia lebih memilih untuk keluar dari pekerjaanya tuk melanjutkan perjuangan mimpinya ber-usaha di kota Medan.
# maju terus pantang mundur!

Jualan ayam goreng di kota impian mulai dilakoni. Kisah pilu dijalani, sehari hanya laku beberapa potong ayam saja. Sang istri yang diterima sebagai dosen di kota Medan itupun kurang mendukungnya, bahkan sang mertua menyuruhnya untuk tobat berdagang dan kembali ke jalan yang benar menjadi guru.(jiahaha...)

Perjalanan setahun kemudian menghantarkan pada seorang wartawan yang datang dan menulis liputan tentang ayam bakarnya. Dan efeknya ayam bakar milik puspo mejadi laris manis, yang dulunya sehari hanya 3-4 ekor naik bisa menjadi 200 ekor.

Dari momentum itulah kini ayam bakar “Wong Solo” berkibar dimana-mana hingga negeri tetangga, bahkan dengan makin banyaknya varian makanan yang ditawarkan.

~: mimpi besar memang akan mendatangkan kenyataan yang besar pula!
Sumber : majalah elshinta

3.26.2012

Modal baskom jadi raja salon, Rudy Hadisuwarno

Rudy Hadisuwarno pria kelahiran Pekalongan 1949 ini, berhasil menjadi maestro tata rambut di Indonesia bahkan dunia. Berawal dari niat untuk membantu ibunya, karena kondisi ekonomi yang mamaksanya untuk mancari uang tambahan demi meneruskan kuliahnya. Beliau akhirnya disamping kuliah juga membantu usaha ibunya dengan membuka salon.
Bermodalkan satu meja rias dan satu baskom, dengan satu meja kursi di ruang tamu. Beliau pun mulai belajar menata rambut. Saudara, teman kuliah, tetangga dan kenalan lainnya itulah korban pertama karirnya, dengan tarif harga 1500 perak waktu itu.
Salonnya pun berkembang dan kemudian dilema datang, ketika keadaan harus memilih antara meneruskan kuliah atau tetap pada usaha salonnya. Karena memang keduanya tak bisa dijalankan berbarengan lagi.
Namun keputusannya lebih memilih untuk konsentrasi pada usahanya, dan berhenti kuliah untuk sementara waktu. Memang saat itu adik-adiknya mulai memasuki bangku kuliah dan perlu biaya banyak.
Akhirnya bisa kita lihat seperti sekarang ini, perjuangan akan kegigihannya telah membuahkan hasil. Dengan banyaknya salon dan bahkan sekolah kecantikan yang didirikan dan tersebar di Indonesia. Ditambah banyaknya penghargaan yang telah diraihnya.

~: usaha yang besar tak selalu berawal modal besar!

Sumber : majalah elshinta

3.25.2012

AWAL MULA JATUH CINTA pada UBUNTU


Pertama kali pake windows xp dengan senangnya menggunakan berbagai kemudahan yang ada.
Tapi di dalam perjalanan akhirnya terkena virus juga... uh,,, pusing rasany mesti bolak-balik ganti berbagai macam antivirus, toh akhirnya sama aja, tetep gak kebal.
Dengan bantuan teman mencoba tuk install ulang, dan YES sukses abis..
Rentang beberapa minggu penyakit pun mulai muncul,,, uh cenat-cenut lagi deh.
Kalo komputer dinyalain adanya cuman scaning virus melulu, gak berhenti-henti...
Akhirnya install ulangpun dilakoni. Tapi gak tau,,,apes ato malah beruntug y, karena komputer gak mau baca CD masternya, yang akhirnya disaranin ma temen pake Ubuntu aja, dijamin aman dari virus!
#nah tapikan aku masih buta linux
Tantangan pun dimulai, uji coba dah pake linux, dan tetep belajar terus biar gak gaptek. Syukur Alhamdulillah ampe sekarang masih aman-aman aja, cukup update sekali waktu biar gak ketinggalan jaman.

SUKSES MUDA, Why Not ???


Di bawah ini adalah tips dari Warren Buffett (salah satu orang paling kaya di dunia) untuk anak muda. Silakan simak baik-baik:
"Jauhkan dirimu dari pinjaman/hutang, dan berinvestasilah dengan apa yang kau miliki. Ingat,
- Uang tidak menciptakan manusia, manusialah yang menciptakan uang.
- Hiduplah sederhana, sebagaimana dirimu sendiri.
- Jangan melakukan apa pun yang dikatakan orang. Dengarkan mereka, tapi lakukan apa yang baik saja.
- Jangan memakai merek. Pakailah yang benar-benar nyaman untukmu.
- Jangan habiskan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting.
- Jika hal-hal di atas telah membuahkan keberhasilan dalam hidupmu, berbagilah dan ajarkan pada orang lain."

Catatan:
Orang yang berbahagia bukanlah orang yang hebat dalam segala hal, tapi orang yang bisa menemukan hal sederhana dalam hidupnya dan mengucap syukur.

#Bisakah anda praktikkan...

3.24.2012

MENDONGKRAK PERCAYA DIRI “PD”



Banyak orang yang kadang terjebak dalam situasi tertentu yang membuatnya merasa minder, atau kurang percaya diri. Semisal tampil di forum, test kerja, presentasi, pidato, sekolah baru atau apalah itu situasinya.
Apalagi untuk orang yang baru pertama kali tampil di depan umum, bisa keringat dingin bercucuran deras dah,,,haha yang penting gak disertai petirlah.
Sebenarnya gampang-gampang susah untuk mengatasinya.
# huh,,, gampang tapi koq susah
Begini sob, gampang kalo kita memang usaha, nah susah kalo kita cuman baca dan gak tau maksudnya.
# tambah bingung deh,,,
Pokoknya ginilah, ketika ngadepin situasi itu kita mesti :
  • Menguasai situasi
usahakan kita tahu apa yang kita perbuat dan mengetahui materi yang kita bawa.
  • Mancoba berpikir dua arah
bayangkan kita menjadi lawan kita atau audience (orang kedua).
Contoh ada guru baru yang memulai mengajar dikelas. Pasti ngomongnya beribet, gemeteran dan keringetan. Nah padahal siswa-siswa pada situasi itu juga pada tegang karena masih asing dengan guru tersebut. Berarti dua-duanya gak PD kan.
Atau bayangkan ketika kita menerima tamu yang baru kita kenal, pasti kita juga akan merasa minder, padahal sih,,,tamu bisajadi lebih minder dari si tuan rumah,,,iya kan.
Jadi usahakan kita menjadi penguasa dari situasi tersebut, dan berpikir aku dan dia/mereka sama-sama minder. Karena minder sejatinya simbol dari kemauan untuk dibilang sempurna. Kalau orang cuek kan gak akan minder, gak peduli ama apapun.
Tapi semua itu bisa hilang seiring dengan jam terbang kita,,,semakin kita sering menjumpai hal-hal baru, semakin kita akan terbiasa menguasai situasi dan PD!!!
Semoga anda mahfum...

3.22.2012

PESTA GILING PG SRAGI dan PERUNTUNGANNYA


Pesta giling PG Sragi sebagai simbol awal dimulainya masa produksi dari pabrik gula ini dirayakan setiap tahunnya. Karena memang produksi dari pabrik ini hanya berkisar 3-5 bulan per tahun. # ajib khan,,,,
mungkin kalau setahun full produksi, jadi gak ada cerita pesta giling kali ya...???
Layaknya pesta rakyat pada umumnya, pesta giling ini pun dimeriahkan dengan berbagai hiburan dan pasar rakyat tentunya, yang keramaiannya dari sore hingga malam hari. Ada yang belanja / shoping di deretan para pedegang yang bejibun , ada yang jalan-jalan ama anaknya dengan menikmati hiburan anak yang disuguhkan. Ada pula yang muter-muter gak jelas ampe matanya jeleh plus keringetan, meski abis mandi sore. Pokoknya happy-happy_lah...!!!
Nah ada sedikit survey yang aku lakukan pada event ini mamen, dari sekian banyak pedagang dan jasa hiburan, rata-rata didominasi oleh pelaku usaha dari luar kota. Untuk tuan rumah sendiri masih sangat sedikit sekali, paling juga jasa parkir yang banyak. HALLOO.... kemana aja kalian
# laiyalah...tuan rumah gitculohhh. Masa mesti repot-repot...
Jajanan khas yang mesti ada dalam event ini adalah martabak, baik itu roti, martabak kulit/telor, atau pun yang lainnya. Iseng-iseng akupun menghitung jumlah stand martabak ini. Ternyata ada sekitar 30-an gerobak mamen,,,
Sekarang mari kita coba kita hitung, bayangkan andaikan rata-rata omset tiap stand sekitar 500 ribu permalam, 500rb x 30 =15jt. Wowww.. 15 juta permalam omsetnya mamen... Itu untuk hari biasa, nah kalo pas puncak acara bisa dua kali lipatnya. Wow itu berarti 30 juta sob!, itu pun masih untuk martabak saja. Gimana kalo ditambah omset pakaian, hiburan anak/dewasa, permainan, makanan, dan stand-stand yang lainnya.
Aku yakin pas puncak acara, peredaran uang bisa mencapai milyaran mamen,,, sangat mancengangkan.Yang jadi pertanyaan adalah, kita sebagai tuan rumah. Berapakah jumlah omset yang bisa diraih untuk acara tahunan itu??? maukah kita relakan dan lewatkan saja???
Semua terserah pada anda.

STRATEGI PEMASARAN SEDERHANA

-->
Pernah tahu strategi pemasaran???
Sebuah strategi untuk pertempuran memenangkan pasar guna menguasai tingkat kelangsungan produk, mau tidak mau ini menjadi bagian penting dari sebuah usaha marketing. Untuk itu banyak strategi yang dibuat dengan segala perencanaan guna mencapai tujuan tersebut.
Strategi-strategi itulah yg biasa disebut dengan Strategi Pemasaran. Yang biasanya terdiri dari :
SEGMENTASI
adalah cara memilah pasar berdasarkan variabel, seperti : geografi, demografi, psikologi, perilaku hingga individu. Dari sinilah bisa ditentukan produk yang akan dibuat. Meski bagaimana dan seperti apa produk tersebut.
# Jaman dulu susu merupakan produk untuk semua kalangan(one for all). Tapi sekarang susu dibagi menjadi banyak macam produk, dari bayi, dewasa, kesehatan, ibu hamil, susu tulang, campuran makanan/minuman lain, bahkan sampai untuk pria dewasa.
Satu jenis shampoo dulu kala masih digunakan untuk semua kalangan, namun sekarang pilihannya beragam dari usia bayi, untuk wanita dewasa, pria, keluarga bahkan karakter jenis rambut tertentu.
* jadi segmentasi tidak ada patokan tertentu, semakin kreatif dan jeli maka kita bisa menemukan segmen pasar yang tepat.
TARGETING
adalah pemilihan target pasar dengan menyesuaikan kebutuhan dasar, daya beli dan keterbatasan yang dimiliki. Dengan memilah pasar sesuai produk yang sesuai, maka tidak akan membabi buta dalam memasarkan produk. Gak mungkin kan harga jutaan dijual sama orang yg gak mampu, atau jual kaos ala teletubbies sama anak SMA.
#kecerdasan membidik membuat target kita tepat sasaran, dan efek sampingnya adalah produk kita sukses di pasaran.
POSITIONING
adalah cara menempatkan (imej) produk ke dalam benak konsumen, sehingga sesuai dengan definisi dan karakter produk yang dijual.
Inti dari proses ini bukan dari banyaknya produk kita yg beredar pasaran, akan tetapi bagaimana posisi produk ada di benak konsumen. Karena ketika konsumen sudah merekam dalam memori tentang produk kita, maka mereka akan mencarinya di saat membutuhkan, dan produk tersebut menjadi solusinya . Itulah GOAL sesungguhnya.
Banyak iklan yg ada sekarang ini yg diputar berulang-ulang, atau spanduk, banner, baliho, pamflet yg di tempel terus menerus. Padahal produk tersebut telah dikenal dan menguasai pasar. Namun itulah bagian dari positioning. Karena kalau vakum sejenak dari proses tersebut maka akan diserang dan hilang dari ingatan masyarakat. Lihat saja produk yg sebelumnya laku tapi menghentikan program iklannya, bisa jadi semakin tergerus oleh waktu.

3.20.2012

Cara lihat pengumuman PLPG

Cara liat berita/informasi berkaitan dengan PLPG
buka
http://portofolioguru.unnes.ac.id/asg_2010/
klik link berita
disitu ada berbagi pengumuman yg bisa di download

3.04.2012

KENAPA Radio Show TV One Trending Topik!



Semalam ada yang aneh di Radio Show, lagi hebohnya ultah TV One ke 4 bareng bintang tamu Edane, Tony Q, Orsoen, ditambah Efek Rumah Kaca. Eh,,, tiba-tiba acara dibubarin, lagi jam setengah satu padahal. Mungkin terlalu heboh kali yaa acara disana, akhirnya terpaksa di potong jamnya.
Acara yang nongkrong di La Codefin Kemang ini sebenarnya berdurasi 3 jam, tayang tiap hari Senin sampai Jum’at mulai jam 11 hingga 2 pagi. Acaranya ini sendiri akhir-akhir ini menjadi alternatif tontonan dan idola baru bagi banyak penikmat TV. Bahkan sering menjadi trending topik di jejaring sosial. Karena memang konsep acaranya yang sangat-sangat brilian.
Awal mula acara ini dibuat sih,,, memang sedikit kaku. Hingga kemudian mulai beralih ke konsep kafe diselingi live music dengan bintang tamu yang bener bener lain dari yang lain. Dengan genre yang beragam, pop, rock, jazz, hiphop, wah komplit pokoknya dari yang super senior sampai indie sekalipun. Pemutaran video musik era 70-90an, kuis yang model jadul, sampai talk show dengan tema-tema yang sangat tidak pasaran. Banyak ilmu dah pokoknya...

SID, Shaggy Dog, PAS, IWA K, efek rumah kaca,The SIGIT, the BRANDALS, wahhh... pokoknya TOP ABIS, banyak yang dah mampir ke sana men...!!!
 
Berikut fakta yang ada di acara radio show TV One :
  • beragam musik yang lain dari yang lain
    sajian musik yang ditampilkan tidak seperti acara TV umumnya. mengusung musik era 70-90an ini membuat satu-satunya acara yang tak bisa digantikan.
  • Ide perbincangan segar
    dari sekian tema dan bintang tamu yang telah didatangkan, semuanya bener-bener bukan tema pasaran. Seperti Digital forensik, WPAP, Mr RD, dan masih banyak lagi.
  • Waktu malam panjang.
    Waktu acara yang berlangsung panjang sekitar 3jam di malam hari, membuat pemirsa lebih banyak konsentrasi dan mengena. Dan jelas hampir semua pemirsa adalah orang-orang yang bebas mengunakan waktu malam itu.
  • Apa adanya (live)
    konsep yang dihadirkan bener-bener live, apa adanya tanpa skenario matang, baik segi musik maupun perbincangan. Bahkan kadang untuk penampilan band aja nunggu nyetel alat dulu sampai pas,,, kaya di festival band aja yah.
    Ditambah lagi kuis lingkar rejeki, kuis yang menurutku semua orang pasti bisa dan sangat mungkin menjadi pemenangnya. Tidak peduli tampang, kaya/miskin, pintar/bodoh, agama, suku, wahhh...siapapun pasti bisa.
  • Kuis tebak kata.
    Ini dia nih kuis yang selalu bikin penasaran. Kuis yang dibikin oleh om Sys ini membuat orang penasaran dan mesti mengikutinya tiap hari kalau mau ketemu jawabannya. Apalagi hadiahnya terus bertambah kalau belum kejawab.
  • Twitter
    dengan memanfaatkan jejaring sosial, acara ini telah membuat interaksi kepada para pemirsa untuk memberi pertanyaan/pernyataan tentang apapun dan kepada siapapun tidak hanya untuk bintang tamu semata. Jadi secara tidak langsung kita serasa tersambung/ikut meramaikan acara tersebut.
  • Komunitas
    dari adanya komunikasi lewat twitter dah jelas membentuk komunitas baru lewat akun twitter radio show tersebut. Selain itu setiap bintang tamu yang hadirpun memiliki komunitas sendiri, bahkan kadang penuh sesak kafe tersebut dijejali oleh penganut/fans gilanya.
  • Muke gile
    ini dia slogan om Sys yang mengena banget, “muke gile”. Sebuah penggambaran ketakjuban dibarengi kesan konyol.
    Penggunaan bahasa betawi jadul ini memang pas banget, simpel tapi tajem. Sarat emosi tapi penuh canda.

3.03.2012

Kepentok IDE untuk Menulis


Malam ini aku mau nulis di blog ah...
buka blog, klik entri, dan tik tik tik . . .

Sumpah! bener-bener blank, kosong, bingung gak ada ide sedikit pun.

Hanya uap kopi panas yang terus mengepul, hanya detak jam yang terus berjalan, tanpa mau menungguku sebentar pun.

Huh... bukankah ini blog milikku sendiri, bukankah semua hakku, terserah aku mau corat-coret apapun yang ku suka. Entah itu cerita, curhat, puisi, pantun, berita atau bahkan goresan tanpa makna sekalipun...

Selama aku tak mengganggu orang lain, selama aku tak memfitnah orang lain, pokoknya selama aku tidak merugikan atau merebut hak dari pihak manapun...

Pokoknya...Ayo menulis, Ayolah menulis, Ayo mulailah menulis !!!

Ooooh... ternyata lumayan penuh sudah halaman ini, dan tak terasa aku telah menulis.

3.02.2012

Wow indahnian masjid Cheng Hoo Purbalingga.


Demi menghadiri pernikahan teman ke kebumen akhirnya perjalanan berkendara motor pun dilakoni. Dari Pekalongan rute menyusuri pantura ke Pemalang, dan belok menuju ke selatan arah Purwokerto via Randu Dongkal, Belik, Purbalingga, hingga ke Purwokerto. Untuk kemudian kembali ke timur menuju Kebumen.

Di perjalanan melewati Desa Selaganggeng Kec. Mrebet tepatnya di pinggir jalan raya Bobotsari, Purbalingga. Mataku takjub pada sebuah Masjid bernama Masjid Jami’ PITI Muhammad Cheng Hoo. Masjid ini lain dari yang lain.
Masjid yang dibangun sejak 2005 ini memiliki bentuk bangunan bergaya arsitektur perpaduan China dan Jawa Islam. Bentuknya mirip kelenteng. Tak ada kubah bulat. Bangunan ini banyak dihiasi ukiran dan pernak-pernik ala China seperti lampion merah.
Masjid Jami PITI Muhammad Cheng Hoo ini menjadi bukti adanya keberagaman suku maupun ras dalam agama Islam di masyarakat Indonesia khususnya Purbalingga.

referensi lain : cantiknya Masjid Cheng Hoo membuatku jatuh cinta

Mission Imposible Rustono, "King of Tempe" Jepang


Rustono pemuda asal Jogja yang menikah dengan wanita Jepang, hingga akhirnya diboyong dan menetap di Jepang. Awalnya Rustono bekerja di Hotel Sahid Yogyakarta, dan bertemu dengan tamu hotelnya yang berasal dari Jepang hingga kemudian jatuh cinta dan menikah dengan wanita bernama Tsuruko Kuzumoto.
Bermacam pakerjaan telah coba dilakoni, dari perusahaan bidang roti, sayur-mayur, pengolahan kayu. Hingga akhirnya memutuskan untuk membuat usaha sendiri.
Awalnya bingung mencari usaha, hingga terbersit untuk membawa makanan khas negeri kampungnya untuk dijadikan produk usahanya. Dan dipilihlah tempe sebagai usaha yang akan digeluti.
Dalam proses percobaan pun banyak kendala dihadapi, dengan formula ragi tempe dari Indonesia, kedelai Jepang dan air dari sumber mata air yang tepat. Namun semua itupun belum sempurna, dan akhirnya memutuskan untuk balik ke Indonesia guna belajar membuat tampe.
Sesampai di Indonesia dia berguru pada 60-an pengrajin tempe, banyak ilmu yang dia dapatkan untuk dibawa ke Jepang.
Setelah bolak-balik melakukan proses uji coba, berhasillah dia membuat tempe. Perjuangan selanjutnya adalah mengajukan ijin pada pihak terkait di Jepang hingga keluarlah produk kemasan bermerek “Rusto™s Tempeh”.
Banyak inovasi yang telah dilakukan baik dari segi produksi dengan mesin hingga penyimpanan tempe agar bisa tahan lama.
Kini tempe tersebar hampir seluruh kota di Jepang. Selain masyarakat Indonesia/Jepang sendiri, konsumennya juga perusahaan jasa boga, rumah makan vegetarian, swalayan, sekolah, hingga rumah sakit.
Sajian tempe pun beragam jenis seperti misoshiru tempe dan tempura tempe. Dan yang terkenal adalah burger tempe.

3.01.2012

HEBATNYA TEMPE JEPANG ala“ Rusto™s Tempeh”


Ini kisah tentang anak muda Indonesia (Rustono) yang telah lama menetap dan berkeluarga di Jepang namun merindukan makanan khas negaranya. Dan dari kerinduannya itu akhirnya menghasilkan usaha yang spektakuler.
Tempe sebagai lauk pauk pokok di Indonesia bisa dipasarkan dan terus dikembangkan oleh Rustono menjadi produk “ Rusto™s Tempeh” yang sukses digemari di negeri sakura tersebut.

Tapi ada yang beda antara produk “ Rusto™s Tempeh” di Jepang dengan tempe-tempe di Indonesia pada umumnya.
  • Di Indonesia produksi tampe umumnya masih manual/tradisional, mereka masih mengerjakan dengan tangan ataupun kaki. Tapi “ Rusto™s Tempeh” sudah dibuat dengan mesin canggih dan pendingin yang berkapasitas besar.
  • Di Indonesia orang masih membuat tempe dengan proses cukup lama sampai 3 hari, semisal buat hari senin maka hari rabu baru bisa dijual. Bahkan waktu produksi pun tidak terus berjalan, malam hari masih perlu untuk membolak-balik tempe, agar bisa menjadi tempe yang bagus. Sehingga kadang susah untuk mencari hari libur.
  • Namun Rustono bisa menciptakan tempe dengan cepat, karena setelah produksi bisa di simpan langsung ke ruang pendingin. Sehingga hanya 2 hari sekali untuk proses produksi.
  • Masa berlaku tempe di indonesia sangatlah pendek, paling-paling 2 hari untuk kualitas yang terbaik. “ Rusto™s Tempeh” bisa berumur sampai mingguan bahkan bulanan, selama masih di lemari pendingin.
  • Indonesia tempe masih dipasarkan di pasar-pasar tradisional. Di Jepang Rustono telah menempatkan tempe di pasar modern/swalayan, bahkan banyak untuk variasi masakan di restoran.
# Memang semua gak ada yang mustahil, kalo kita mau berusaha.