1.27.2012

PILIHLAH SALAH SATU INI.....!!!



Semalam secara tidak sengaja, aku mendengar wejangan (buat nambah-nambah ilmu) dari om Tanadi Santoso (emang hebat om ini...). Intinya sih masalah pandangan/orientasi terhadap pekerjaan di dalam hidup anda.
Nah pola pikir itu terbagi menjadi tiga macam orientasi berikut ini:
  • HASIL / UPAH
    Tipe orientasi hasil mengacu pada situasi dimana orang tersebut bekerja hanya mencari hasil/upah kerja dari besar kecilnya pekerjaan yang telah dilakoni, orang semacam ini selalu berpikir hanya masalah gaji, gaji, gaji, dan GAJI... Sudah pantaskah antara gaji yang diterima, dengan keringat yang dikeluarkan selama melakoni pekerjaan tersebut.
    Biasanya ketika menghadapi liburan kerja, baik itu weekend ataupun liburan kalender, Wahhh pasti orang tipe semacam ini sangat senang dan beruntung, karena bisa melepas beban pekerjaannya selepas - LEPASnya (pokoknya 'MERDEKA'). Bisa jadi momen yang ditunggu adalah hanya tanggal gajian dan liburan.
    Tipe seperti ini tidak mempedulikan jenis, sikon, dan kualitas kerjanya. Mereka hanya bekerja sesuai dengan sistem dan aturan.
  • KARIR / PEKERJAAN
    Untuk tipe yang berikut ini mereka lebih keras dalam mengejar target karirnya, dan selalu berupaya untuk memperbaiki diri. Baik untuk jenjang, posisi, maupun kualitas kerja. Untuk tipe ini mereka lebih berfokus pada karir yang ditargetkanya, entah dengan jalan atau upaya apapun akan dilakoninya.
  • PANGGILAN JIWA / HATI
    Nah untuk tipe yang terakhir ini, mereka cenderung bekerja sesuai hati, hobi, bakat, atau bahkan idealismenya. Orang tipe ini akan bekerja semaksimal dan setulus hati. Dan mereka tidak berpikir materi sebagai tolak ukur keberhasilannya. Karena materi hanya dianggap sebagai efek samping dari keberhasilan kerjanya nanti. Dengan penuh semangat mereka akan meningkatkan kualitas kerja, bahkan cenderung mencari tantangan baru untuk pembuktian kualitas kerjanya.
    Dalam situasi apapun mereka berusaha maningkatkan kualitas kerjanya, karena memang didasari rasa senang dan iklas.

Nah sebagai testing untuk menentukan dimana orientasi kita saat ini, ada perumpamaan yang bisa kita bayangkan pada diri kita masing -masing.
Andaikan anda diberi uang dalam jumlah banyak, bisa jutaan, milyaran, atau bahkan triliunan. Apakah anda masih mau melanjutkan pekerjaan tersebut ???.”


COBALAH ANDA RENUNGKAN...!!!

No comments: