4.21.2012

goblok tapi SUKSES, ES TELER 77

-->
Terbiasa sengsara sejak kecil, pada usia enam tahun sudah ditinggal ibunya, Lee Kien Nio, yang meninggal dunia. Hidup bareng sang ayah Hoo Ie Kheng, namun anak kelahiran Pekalongan ini bodoh di sekolahnya. Dua kali tidak naik kelas, dan naik pun hanya berada di rangking 40-an di antara 50 siswa. Akhirnya sang ayah terpaksa menitipkan pada paman nya di Jakarta. Namun sang paman malah berujar pada Sukyanto “Enggak usah sekolah kau, nanti saya latih dagang saja”...
Sukyanto yang dulu bernama Hoo Tjioe Kiat ini mulai belajar usaha dengan menjadi salesman berbagai macam-macam barang dari kancing baju, sisir, hingga yang berbau elektronik. Dari naik oplet, naik sepeda hingga jalan kaki dicoba untuk dilakoni. Namun rotasi hidup belum terasa, hingga sempat hampir putus asa. “Saya sempat putus asa,” kata Sukyatno. Pamannya memberi pelajaran: “Kalau kamu datang sekali enggak bisa, datangi seribu kali. Kalau itu saja kamu enggak bisa, berarti kamu goblok”.
Jalan lain coba dijajaki dengan mencicipi jual-beli tanah dan agen pengurusan surat izin mengemudi. Sampai bertemu pada pengalaman membangun rumah dinas, pesanan dari departemen. “Ketika bangunannya hampir jadi, saya mau dikeroyok orang kampung. Ternyata itu tanah sengketa,” tuturnya. Akibatnya, ekonomi keluarga kalang kabut bahkan untuk bayar uang sekolah anaknya saja kembang-kempis.
Alur hidup terus berjalan hingga membuka lapak es teler yang diberi nama Es Teler 77. dengan resep dari mertuanya yang menang juara lomba. Dari sinilah berawal dari tenda, kemudian nekad membuat waralaba yang langsung berekspansi ke Solo dan Semarang. Yang akhirnya mengantarkan usahanya masuk ke tingkat plaza. Bahkan kini tak hanya es teler saja namun beragam menu ditawarkannya.
Walau telah sukses, suami dari Yenny Setia Widjaja ini tetap low profile. Dengan terbiasa makan di emperan atau jajanan kaki lima dengan pakaian yang sederhana. Namun untuk urusan pendidikan anaknya beliau termasuk serius, bahkan menyekolahkan sampai ke luar negri. Karena tak mau anaknya seperti orang tuanya dulu yang merasa goblok dan malas sekolah. Sooooo... buat yang ngerasa goblok, santai sajalah!!! kita bisa sukses juga kok...UuuOkeh...!!!
Tapi itulah gambaran kehidupan, orang bodoh belum tentu tak bisa sukses. Dan banyak sekali di sekitar kita ini, cerita orang-orang yang tak pandai di sekolahnya namun dapat menaklukkan terjalnya jalan menuju kesuksesan hidup..

sumber :http://http//elqorni.wordpress.com

No comments: