4.05.2012

Ketika tinta merah jadi kuning, Ubuntu canon pixma ip 2700


sekedar share aja nih... ama pengalaman ku, tanpa bermaksud menggurui atau mencoba ngasih tutorial. Sekali lagi hanya sekedar share, siapa tahu ada gunanya.
Pengalaman ini aku alami pas printer canon ip 2700 ku gak mau ngeprint tinta warna merah, yang keluar malah warna kuning. Dicek sana sini, tinta merah masih penuh.
Akhirnya pencarian di mbah Google pun dimulai. Banyak saran yang aku temukan. Dari upaya mengocok telur,,,eh kocok catridge maksudnya, atau mencuci dengan air anget (karena kalau pakai air panas ditakutkan lapisan tembaga pada conector akan larut). Sampai cara-cara yang beragam benget bahkan yang lebih ekstrim pake ketok palu segala. Hahaha...alamat ganti baru mah,
satu langkah yang aku coba terlebih dahulu adalah head clean secara otomatis. Artinya gak pake tangan alias manual. Kan mending gak ribet dan belepotan tinta. Karena memang penyebab utama paling tinta warna merah kondisinya tersumbat pada lubang catridgenya so...gak mau keluar.
Nah kebetulan aku pake Ubuntu, katanya sih kalo windows lebih mudah. Dan beginilah langkah yang aku lakukan berdasarkan wejangan dari mbah Google.
Buka terminal lalu ketik :
cngpij -P Canon-iP2700-series
(oh yaaa... nama printer yang tertera di local host printer emang gitu punyaku. Buat ngecek pake langkah ini sob, System>Administrations>Printing)
setelah itu bakal kebuka jendela printer,
nah terus ada berbagai pilihan dari situ...
akupun coba dulu pilih langkah head clean
syukur Alhamdulillah langsung sukses sob, kalau masih ngadat juga bisa ambil langkah-langkah berikutnya aja.
Kayak: pembersihan tingkat dalam,
pembersihan penggulung,
pelat bawah,
mulut semprot, atau pilihan lainnya...
nih dia skrinsyutnya...

moga bermanfaat untuk sesama,,,


No comments: