3.22.2012

STRATEGI PEMASARAN SEDERHANA

-->
Pernah tahu strategi pemasaran???
Sebuah strategi untuk pertempuran memenangkan pasar guna menguasai tingkat kelangsungan produk, mau tidak mau ini menjadi bagian penting dari sebuah usaha marketing. Untuk itu banyak strategi yang dibuat dengan segala perencanaan guna mencapai tujuan tersebut.
Strategi-strategi itulah yg biasa disebut dengan Strategi Pemasaran. Yang biasanya terdiri dari :
SEGMENTASI
adalah cara memilah pasar berdasarkan variabel, seperti : geografi, demografi, psikologi, perilaku hingga individu. Dari sinilah bisa ditentukan produk yang akan dibuat. Meski bagaimana dan seperti apa produk tersebut.
# Jaman dulu susu merupakan produk untuk semua kalangan(one for all). Tapi sekarang susu dibagi menjadi banyak macam produk, dari bayi, dewasa, kesehatan, ibu hamil, susu tulang, campuran makanan/minuman lain, bahkan sampai untuk pria dewasa.
Satu jenis shampoo dulu kala masih digunakan untuk semua kalangan, namun sekarang pilihannya beragam dari usia bayi, untuk wanita dewasa, pria, keluarga bahkan karakter jenis rambut tertentu.
* jadi segmentasi tidak ada patokan tertentu, semakin kreatif dan jeli maka kita bisa menemukan segmen pasar yang tepat.
TARGETING
adalah pemilihan target pasar dengan menyesuaikan kebutuhan dasar, daya beli dan keterbatasan yang dimiliki. Dengan memilah pasar sesuai produk yang sesuai, maka tidak akan membabi buta dalam memasarkan produk. Gak mungkin kan harga jutaan dijual sama orang yg gak mampu, atau jual kaos ala teletubbies sama anak SMA.
#kecerdasan membidik membuat target kita tepat sasaran, dan efek sampingnya adalah produk kita sukses di pasaran.
POSITIONING
adalah cara menempatkan (imej) produk ke dalam benak konsumen, sehingga sesuai dengan definisi dan karakter produk yang dijual.
Inti dari proses ini bukan dari banyaknya produk kita yg beredar pasaran, akan tetapi bagaimana posisi produk ada di benak konsumen. Karena ketika konsumen sudah merekam dalam memori tentang produk kita, maka mereka akan mencarinya di saat membutuhkan, dan produk tersebut menjadi solusinya . Itulah GOAL sesungguhnya.
Banyak iklan yg ada sekarang ini yg diputar berulang-ulang, atau spanduk, banner, baliho, pamflet yg di tempel terus menerus. Padahal produk tersebut telah dikenal dan menguasai pasar. Namun itulah bagian dari positioning. Karena kalau vakum sejenak dari proses tersebut maka akan diserang dan hilang dari ingatan masyarakat. Lihat saja produk yg sebelumnya laku tapi menghentikan program iklannya, bisa jadi semakin tergerus oleh waktu.

No comments: