3.24.2012

MENDONGKRAK PERCAYA DIRI “PD”



Banyak orang yang kadang terjebak dalam situasi tertentu yang membuatnya merasa minder, atau kurang percaya diri. Semisal tampil di forum, test kerja, presentasi, pidato, sekolah baru atau apalah itu situasinya.
Apalagi untuk orang yang baru pertama kali tampil di depan umum, bisa keringat dingin bercucuran deras dah,,,haha yang penting gak disertai petirlah.
Sebenarnya gampang-gampang susah untuk mengatasinya.
# huh,,, gampang tapi koq susah
Begini sob, gampang kalo kita memang usaha, nah susah kalo kita cuman baca dan gak tau maksudnya.
# tambah bingung deh,,,
Pokoknya ginilah, ketika ngadepin situasi itu kita mesti :
  • Menguasai situasi
usahakan kita tahu apa yang kita perbuat dan mengetahui materi yang kita bawa.
  • Mancoba berpikir dua arah
bayangkan kita menjadi lawan kita atau audience (orang kedua).
Contoh ada guru baru yang memulai mengajar dikelas. Pasti ngomongnya beribet, gemeteran dan keringetan. Nah padahal siswa-siswa pada situasi itu juga pada tegang karena masih asing dengan guru tersebut. Berarti dua-duanya gak PD kan.
Atau bayangkan ketika kita menerima tamu yang baru kita kenal, pasti kita juga akan merasa minder, padahal sih,,,tamu bisajadi lebih minder dari si tuan rumah,,,iya kan.
Jadi usahakan kita menjadi penguasa dari situasi tersebut, dan berpikir aku dan dia/mereka sama-sama minder. Karena minder sejatinya simbol dari kemauan untuk dibilang sempurna. Kalau orang cuek kan gak akan minder, gak peduli ama apapun.
Tapi semua itu bisa hilang seiring dengan jam terbang kita,,,semakin kita sering menjumpai hal-hal baru, semakin kita akan terbiasa menguasai situasi dan PD!!!
Semoga anda mahfum...

No comments: