3.01.2012

HEBATNYA TEMPE JEPANG ala“ Rusto™s Tempeh”


Ini kisah tentang anak muda Indonesia (Rustono) yang telah lama menetap dan berkeluarga di Jepang namun merindukan makanan khas negaranya. Dan dari kerinduannya itu akhirnya menghasilkan usaha yang spektakuler.
Tempe sebagai lauk pauk pokok di Indonesia bisa dipasarkan dan terus dikembangkan oleh Rustono menjadi produk “ Rusto™s Tempeh” yang sukses digemari di negeri sakura tersebut.

Tapi ada yang beda antara produk “ Rusto™s Tempeh” di Jepang dengan tempe-tempe di Indonesia pada umumnya.
  • Di Indonesia produksi tampe umumnya masih manual/tradisional, mereka masih mengerjakan dengan tangan ataupun kaki. Tapi “ Rusto™s Tempeh” sudah dibuat dengan mesin canggih dan pendingin yang berkapasitas besar.
  • Di Indonesia orang masih membuat tempe dengan proses cukup lama sampai 3 hari, semisal buat hari senin maka hari rabu baru bisa dijual. Bahkan waktu produksi pun tidak terus berjalan, malam hari masih perlu untuk membolak-balik tempe, agar bisa menjadi tempe yang bagus. Sehingga kadang susah untuk mencari hari libur.
  • Namun Rustono bisa menciptakan tempe dengan cepat, karena setelah produksi bisa di simpan langsung ke ruang pendingin. Sehingga hanya 2 hari sekali untuk proses produksi.
  • Masa berlaku tempe di indonesia sangatlah pendek, paling-paling 2 hari untuk kualitas yang terbaik. “ Rusto™s Tempeh” bisa berumur sampai mingguan bahkan bulanan, selama masih di lemari pendingin.
  • Indonesia tempe masih dipasarkan di pasar-pasar tradisional. Di Jepang Rustono telah menempatkan tempe di pasar modern/swalayan, bahkan banyak untuk variasi masakan di restoran.
# Memang semua gak ada yang mustahil, kalo kita mau berusaha.

2 comments:

Asalasah said...

jepang selalu membuatku terkagum kagum >,<

c,Bob said...

itulah orang Indonesia, yg hidup di lingkungan orang2 hebat, jadilah semangat kemajuannya juga menjadi besar.